Putri Ketua PWI Lubuklinggau Ikut Wisuda POLSRI Ke-39

PALEMBANG,bumisilampari.com– Politeknik Negeri Sriwijaya (Polsri) menggelar wisuda ke-39. Sebanyak 2.578 Mahasiswa/wi diwisuda terdiri dari program diploma III (D III)sebanyak 1.605, Sarjana terapan (D IV) sebanyak 957, dan pasca sarjana (S2) sebanyak 16 orang. Bertempat di Main Dining Hall Jakabaring Sport City Palembang, Sabtu (14/10/2023). Salah satu mahasiswinya yakni Tiara Manda Putri, S.Tr.T asal Lubuklinggau jurusan Teknik Kimia Industri dengan predikat Pujian. Putri dari Ketua PWI Lubuklinggau Iman Santoso.

Direktur Politeknik Negeri Sriwijaya Dr. Ing Ahmad Taqwa, MT mengatakan, hari ini, acara wisuda yang kita lakukan menjadi tonggak perubahan yang sangat penting dalam perjalanan hidup kita. Status kita telah berubah, dari seorang mahasiswa menjadi seorang Ahli Madya, Sarjana Terapan, atau bahkan seorang Magister Perubahan ini tidak hanya mencakup pergeseran dalam gelar, tetapi juga dalam tanggung jawab kita. Kita telah memasuki fase baru dalam hidup kita, di mana tanggung jawab sosial kita semakin bertambah, dan kita harus terus beradaptasi dengan perkembangan teknologi yang pesat.

“Di era digital saat ini, di mana perubahan terjadi dengan cepat, konsep Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka telah menjadi pilar utama dalam pendidikan kita. Kampus Merdeka adalah visi besar yang mendorong pendidikan yang lebih bermakna, relevan, dan sesuai dengan tuntutan zaman,” katanya.

“Saya yakin bahwa pendidikan tidak hanya sebatas mengikuti kelas dan kurikulum yang telah ditentukan, tetapi juga tentang bagaimana kita dapat mengambil inisiatif dan tanggung jawab pribadi terhadap pembelajaran dan pertumbuhan kita,” tambahnya.
Oleh karena itu, menjadi lulusan perguruan tinggi bukanlah akhir dari perjalanan pembelajaran kita, melainkan awal dari semangat merdeka belajar yang akan membentuk karakter kita. Merdeka belajar adalah konsep yang sangat penting, yang mengingatkan kita untuk selalu bersemangat dalam menjalani proses belajar sepanjang hidup.

“Sekarang, saatnya bagi kita untuk menerapkan ilmu yang telah kita peroleh, dengan dasar akhlak yang baik. Mari kita terus meningkatkan kemampuan hard skill dan soft skill kita melalui komunikasi, kerjasama, perbaikan karakter, serta pelatihan profesional guna mengembangkan karier kita,” katanya.
Dengan memberikan kontribusi yang lebih besar pada masyarakat dan dunia, kita dapat menggunakan pengetahuan dan keterampilan kita untuk mengatasi masalah sosial, ekonomi, dan lingkungan yang dihadapi oleh masyarakat. Merdeka belajar juga akan memberikan dampak positif pada perkembangan karier kita. Mari terus meningkatkan keterampilan kita melalui pelatihan profesional agar kita dapat bersaing dengan sukses di pasar kerja yang semakin ketat.

“Hari ini adalah momen yang sangat berharga, ketika kita merayakan pencapaian luar biasa Saudara dalam menyelesaikan pendidikan di Polsri. Kami sangat percaya bahwa hari depan Saudara akan lebih cerah dan penuh dengan peluang,” ucapnya.

“Kami ingin menyampaikan pesan ini dengan tulus: Yakinlah pada diri Saudara. Yakinlah bahwa apa yang telah Saudara pelajari selama ini akan menjadi landasan yang kuat untuk kesuksesan masa depan Saudara. Namun, keberhasilan tidak akan datang dengan sendirinya. Ini memerlukan doa, usaha, dan dedikasi,” pesannya.
Berusahalah dengan sungguh-sungguh di bidang yang Saudara cintai. Jika Saudara mengikuti passion Saudara, pekerjaan tidak akan pernah terasa seperti beban. Belajarlah dengan tekun, terus berkarya, dan tingkatkan diri Saudara secara terus-menerus.
Tapi, yang tak kalah pentingnya, apapun profesi yang Saudara pilih nanti, lakukanlah dengan penuh cinta dan keikhlasan. Sifat-sifat ini akan membantu Saudara menjalani pekerjaan dengan antusiasme, membantu orang lain, dan membawa perubahan positif di sekitar Saudara.

“Kami juga ingin menitipkan harapan besar kepada Saudara untuk menjaga nama baik Polsri melalui tindakan dan sikap Saudara. Setiap langkah yang Saudara ambil, setiap keputusan Saudara buat, akan mencerminkan almamater Saudara. Oleh karena itu, kami meminta Saudara untuk menjunjung tinggi integritas, etika, dan profesionalisme dalam segala aspek kehidupan Saudara. Nama baik Polsri adalah kebanggaan Saudara juga,” pungkasnya.

Sementara itu ditempat yang sama Tiara Manda Putri saat dimintai komentarnya mengatakan, Alhamdulillah, berkat do’a dari kedua orang tua dan keluarga besar serta teman-teman, hari ini saya bisa menyelesaikan kuliah saya (Wisuda) dengan predikat Pujian.
” Semoga ilmu yang sudah saya dapat selama kuliah di Polsri bisa bermanfaat bagi orang banyak, Bangsa, dan Negara,”ungkap Tiara sapaan akrabnya.**  (J4D)

Array
Related posts