KPU UMUMKAN 362 DCT DPRD REJANG LEBONG

CURUP – BS II Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, menetapkan daftar calon tetap (DCT) sebanyak 362 orang untuk pemilihan anggota DPRD setempat pada Pemilu 2024.

Ketua KPU Rejang Lebong Ujang Maman usai rapat pleno penetapan DCT pemilihan anggota DPRD Rejang Lebong, di Curup, Jumat, mengatakan sebanyak 362 calon anggota legislatif (caleg) tersebut diajukan oleh 17 parpol dari 18 parpol peserta Pemilu 2024 di wilayah itu.

“Alhamdulillah pada hari ini rapat pleno penetapan DCT pemilihan anggota DPRD Kabupaten Rejang Lebong pada Pemilu 2024 sudah selesa,” kata dia.

Dia menjelaskan setelah ditetapkan DCT untuk nama-nama calon anggota legislatif (caleg), , selanjutnya para pengurus parpol juga telah menandatangani persetujuan nama-nama dalam contoh spesimen surat suara untuk pemilihan anggota DPRD Kabupaten Rejang Lebong dalam Pemilu 2024.

“Nama-nama calon anggota legislatif yang telah ditetapkan ini telah sesuai dengan data diaplikasi pencalonan (silon) pada masing-masing partai politik,” ujarnya.

Dia mengatakan setelah ditetapkan sebagai DCT pemilihan anggota DPRD Kabupaten Rejang Lebong tersebar dalam empat daerah pemilihan, nama-nama caleg ini pada Sabtu (4/11) akan diumumkan melalui media massa, baik cetak maupun elektronik.

Menurut dia, untuk tahapan selanjutnya terhitung mulai 28 November hingga 10 Februari mendatang sudah masuk dalam tahapan kampanye.

Namun sebelum pelaksanaan kampanye, kata dia, pihaknya akan melakukan rapat koordinasi dengan pengurus parpol guna membahas soal penentuan jadwal dan lokasi pemasangan alat peraga kampanye (APK).

Koordinator Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Kabupaten Rejang Lebong Eiis Purwanti menjelaskan sebelumnya pada pengumuman daftar calon sementara (DCS) sebelum menjadi DCT terdapat 11 pergantian bakal caleg yang diajukan oleh tujuh partai politik di Kabupaten Rejang Lebong, di antaranya sembilan orang diganti dengan yang baru, dan tiga orang dilakukan pergantian karena daerah pemilihan.

“Pergantian dilakukan karena ada yang meninggal dunia dan ada juga yang mengundurkan diri,” jelas Eiis.

Sementara untuk komposisi pencalonan dari 362 caleg yang ditetapkan dalam DCT di Kabupaten Rejang Lebong, sekitar 35 persen di antaranya keterwakilan perempuan.

Dikutip dari :
ANTARA News Bengkulu
(J4D)

 

Array
Related posts