SHALAT SUNNAH TAUBAT

Tata Cara Sholat Taubat dari Zina dan Maksiat

Berdasarkan Ebook Dosa Besar Jilid IV: Tuntunan Hijrah dan Tatubatan Nasuuha, berikut ini adalah tata cara sholat taubat:

Berwudhu dengan sempurna

Sholat dua rakaat, sebagaimana sholat sunnah lainnya dengan membaca niat sholat taubat.
أُصَلِّي سُنَّةَ التَّوْبَةِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَالَى
Latin: “Ushalli sunnatat taubati rak’ataini lillaahi ta’aala”
Artinya, “Aku berniat melaksanakan sebanyak shalat sunnah taubat dua rakaat karena Allah Ta’aala.”

Tidak ada bacaan khusus ketika sholat. Bacaannya sama dengan sholat yang lain. Namun, sebagian ulama menganjurkan agar membaca surat pendek QS. Al Kaafirun pada rakaat pertama dan QS. Al Ikhlash pada rakaat kedua.

Mata tetap terbuka dan berusaha khusyu’.

Sambil bersujud, lakukan “pengakuan” dengan menyebutkan satu-persatu dosa-dosa yang dahulu pernah diperbuat.

Jumlah rakaat adalah genap yaitu 2, 4, atau 6 rakaat (lakukan salam setiap dua rakaat).

Waktu pengerjaan:
– Waktu dhuha (sekitar 30 menit setelah matahari terbit, hingga sekitar 30 menit sebelum adzan dzuhur).
– Waktu dzuhur hingga sekitar 30 menit sebelum adzan maghrib.
– Waktu maghrib hingga sekitar 30 menit sebelum matahari terbit.

Perbanyak istighfar memohon ampunan Allah, dan dzikir setelah sholat.

Tidak ada bacaan istighfar khusus untuk sholat taubat. Namun, inti dari sholat taubat adalah meminta keampunan dari Allah dengan menyesali perbuatan dosa yang telah terjadi, dengan sungguh-sungguh membencinya, dan berkomitmen untuk tidak mengulanginya lagi.

Bacaan Doa/Istighfar setelah Sholat Taubat

Dikutip dari buku Panduan Shalat untuk Wanita karya Ria Khoirunnisa, berikut ini adalah istighfar yang bisa dibaca setelah melaksanakan sholat taubat yakni:

أَسْتَغْفِرُ اللهَ الَّذِي لاَ إِلهَ إِلاَّ هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ وَ أَتُوبُ إِلَيْه

Astaghfirullahal’adzim, alladzi la ilaha illa huwal hayyul qayyumu wa atuubu ilaih.

Artinya “Saya mohon kepada Allah Yang Maha Agung, Dzat yang tiada Tuhan melainkan hanya Dia Yang Maha Hidup lagi Berdiri Sendiri. Aku bertaubat kepada-Nya”

Atau bisa dengan membaca istighfar seperti dibawah ini:

اَللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّي لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ ، خَلَقْتَنِيْ وَأَنَا عَبْدُكُ وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ ، أَعُوْذُ بِكَ مِن شَرِّ مَا صَنَعْتُ ، أَبُوْءُ لَكَ بِنِعْمَتِكِ َعَلَيَّ ، وَأَبُوْءُ بِذَنْبِيْ فاَغْفِر لِيْ فَإِنهَّ لَا يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلَّا أَنْتَ

“Allahumma anta robbii laa ilaaha illaa anta, kholaqtanii wa ana ‘abduka wa ana ‘ala ‘ahdika wa wa’dika mastatho’tu. A’udzu bika min syarri maa shona’tu, abuu-u laka bini’matika ‘alayya, wa abuu-u bi dzanbii, faghfirlii fainnahuua laa yaghfirudz dzunuuba illa anta.”

Artinya: “Ya Allah, Engkau adalah Tuhanku, tiada yang patut disembah melainkan hanya Engkau, Engkaulah yang menjadikan aku dan aku adalah hamba-Mu, dan aku dalam ketentuan dan janji-Mu yang Engkau limpahkan kepadaku dan aku mengakui dosaku, karena itulah ampunilah aku, sebab tidak ada yang dapat memberikan ampunan melainkan Engkau wahai Tuhanku, sesungguhnya aku berlindung kepada Mu dari kejahatan apa yang telah aku perbuat.”

Waktu Terbaik Pelaksanaan Sholat Taubat

Menurut buku Tuntunan Lengkap Shalat untuk Wanita, shalat taubat dapat dikerjakan kapan saja tapi lebih baik pada malam hari. Shalat taubat dikerjakan sendiri, dan akan lebih baik jika melakukan mandi besar sebelum sholat taubat.

Sedangkan, menurut buku DWWH (Diary Wanita-Wanita Hebat) Curhatan Hati Para Wanita, shalat taubat termasuk shalat sunnah mutlak yang dapat dilaksanakan kapan saja. Siang ataupun malam.

Akan tetapi terdapat waktu larangan melakukan shalat sunnah yakni:

Dari selesai sholat subuh sampai terbit matahari

Dari selesai sholat ashar sampai tenggelam matahari

Jadi, hindarilah waktu-waktu tersebut bila ingin melakukan sholat taubat.

Demikian penjelasan mengenai tata cara sholat taubat dari perbuatan zina dan maksiat beserta waktu terbaik pelaksanaannya.

Sholat taubat perlu dilakukan untuk menyesali dan membersihkan diri dari dosa besar yang telah diperbuat. Semoga bermanfaat!

Tim  RELEGI BS
Dikutip dari berbagai Sumber.

Array
Related posts