DR.H.Joncik Muhammad Kukuhkan Pengurus 2 Lembaga Adat

TEBING TINGGI, BS – Bupati Empat Lawang DR. H Joncik Muhammad kukuhkan pengurus Dewan Pembina Adat Kabupaten Empat Lawang periode 2020 hingga 2025 dan pengurus Lembaga Adat Desa periode 2023 hingga 2028, Rabu (13/9/2023).

Kedua pengukuhan ini digelar melalui Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Empat Lawang di Gedung Serba Guna (GSG) Pemkab Empat Lawang.

Penanda Tanganan Surat Keputusan

Selain pengukuhan pengurus, sebagai acara inti gelaran ini juga menghadirkan berbagai penampilan kesenian Kabupaten Empat Lawang yakni Jidor, Dikir, hingga gitar tunggal berejong.

Pada kesempatan tersebut Sulton Bustari beserta pengurus dilantik sebagai ketua Dewan Pembina Adat Kabupaten Empat Lawang, selain itu 10 pengurus dari 10 kecamatan seluruh Kabupaten Empat Lawang dilantik sebagai Lembaga Adat Desa.

Suasana Pengukuhan Pengurus 2 Lembaga Adat

Usai melantik pengurus Dewan Pembina Adat dan pengurus Lembaga Adat Desa, Bupati Empat Lawang, Dr H Joncik Muhammad menyampaikan pentingnya keberadaan dewan pembina adat dan pengurus lembaga adat desa untuk melestarikan adat Empat Lawang.

“Banyak sekali adat di Kabupaten Empat Lawang itu yang sekarang tidak diperhatikan kalau tidak ada lembaga tersendiri yang menangani itu akan punah, maka dari itu dengan adanya pengurus Dewan Pembina Adat Kabupaten dan pengurus Lembaga Adat Desa maka berbagai kesenian Empat Lawang betul-betuk bisa dilestarikan.

“Seperti kesenian Jidur, Dikir, Sedekah Serabi banyak sekali jadi yang harus dilestarikan dan jikalau memungkinkan di alokasi dana desa atau ADD akan ada insentif daerah untuk pengurus,” jelansya.

Ia juga menambahkan melestarikan kebudayaan dan kesenian merupakan tanggung jawab kita bersama. “Sekarang sudah hampir punah kalau kita tidak lestsrikan kewajiban ini, secara konstitusi ini juga memang negara mengatur itu kekhasan lokal, maka zaman Pak Jokowi ini selalu menampilkan adat termasuk pada acara besar memakai pakaian adat dari berbagai suku, dan tentunya kita harus melibatkan pemuda dalam melestarikan ini,” imbuhnya ***
(F4L)

Array
Related posts