Bahaya “Limbah Medis” Bisa Akibatkan HIV/AIDS

LUBUKLINGGAU, BS – Meski nampak sepele namun permasalahan limbah medis sangat berbahaya dampaknya bagi kesehatan dan lingkungan.

Oleh sebab itu perlu pengelolaan yang baik dan benar terhadap limbah medis yang berasal dari rumah sakit, klinik, Puskesmas dan tempat pengobatan lainnya.

Berkenaan dengan hal tersebut pihak Puskesmas Kota Lubuklinggau menerapkan pengelolaan limbah tersebut sesuai prosedur.

Seperti yang disampaikan oleh Kepala Puskesmas Petanang dr. Mawansyah Putra Utama berikut ini

” Limbah medis merupakan limbah yang berasal dari pelayanan medis yang menggunakan bahan-bahan yang beracun, infeksius, dan berbahaya.

Sedangkan Limbah B3 Medis Padat merupakan barang atau bahan sisa hasil kegiatan yang tidak digunakan kembali yang berpotensi terkontaminasi oleh zat yang bersifat infeksius.

Limbah medis memiliki bahaya utama, yaitu risiko infeksi dari mikroorganisme yang terdapat dilimbah tersebut.

Infeksi terjadi dikarenakan terkena tusukan benda tajam. Hepatitis B, hepatitis C bahkan sampai HIV/AIDS merupakan ancaman yang paling serius jika terkena tusukan benda tajam karena menimbulkan kecelakaan dan penyakit jika tidak diolah dengan baik dan benar “

Demikian disampaikan oleh Kepala Puskesmas Petanang kepada media ini.

Hal ini berarti adanya kejadian pembuangan limbah medis di sembarang tempat seperti disinyalir di aliran sungai ataupun di tempat bak sampah umum bisa berakibat buruk bagi khalayak ***

Dilkutip dari :
FB Puskesmas Petanang

(J4D)

Array
Related posts