REAKSI CEPAT POLRES LUBUKLINGGAU AMANKAN KEBAKARAN DI TALANG JAWA KIRI

LUBUKLINGGAU. BS – Polres Kota Lubuklinggau bekerja sama dengan pihak Dinas Pemadam Kebakaran Kota Lubuklinggau berhasil memadamkan dan mengamankan kebakaran yang terjadi di Jalan Yos Sudarso RT 08 Kelurahan Jawa kiri, Kecamatan Lubuklinggau Timur ll pada Minggu (3/12/2023).

Kebakaran rumah milik Kms. Ibrahim Holili (70 tahun) tersebut terjadi Menjelang magrib pukul 17.50 WIB.

Mengetahui adanya kejadian tersebut, Kaplores Kota Lubuklinggau AKBP. INDRA ARYA YUDHA.SIK.MH memerintahkan Gabungan KSPKT Piket Fungsi bersama Piket Reskrim tergabung dalam Tim Identifikasi INAFIS, Unit Pidsus dan Unit Pidum Opsnal Tim Macan Linggau dipimpin Kasat Reskrim Polres Lubuk Linggau AKP ROBI SUGARA, S.H., M.H. didampingi Kanit Pidum IPTU JEMMY AMIN GUMAYEL, S.H., M.M. Kaur Identifikasi AIPDA AGUNG WAHANA* langsung mendatangi TKP, sesampainya di lokasi Tim Gabungan langsung mengamankan TKP dan bersama pihak Pemadam Kebakaran Kota Lubuk Linggau serta warga disekitar berusaha untuk memadamkan api dan setelah api berhasil dipadamkan oleh pihak pemadam kebakaran menggunakan 8 (delapan) unit mobil sekira jam 20.45 WIB Tim Gabungan melaksanakan Olah TKP dan Pulbaket.

    Upaya pemadaman api oleh petugas DAMKAR Kota Lubuklinggau dibawa pengawasan dan pengamanan Tim Polres Kota Lubuklinggau

Dari para saksi didapat keterangan bahwa awalnya Saksi ASTUTI (54 tahun) yang merupakan tetangga korban, melihat ada kepulan asap putih yang keluar dari atap rumah bagian tengah sdr. KMS IBRAHIM HOLILI, yang mana pada saat itu istri KMS IBRAHIM HOLILI yang bermana UMI KALSUM masih terbaring didalam rumah karena sakit stroke sedangkan sdr. KMS IBRAHIM HOLILI sedang berada di tempat saksi KIEMAS NANAN APRIANSYAH, kemudian saksi Astuti langsung masuk ke dalam rumah dan melihat api sudah membesar dan menjalar pada plafon dan lantai atas yang terbuat dari kayu, kemudian membakar rumah Sdr. KMS IBRAHIM HOLILI, lalu bersama dengan warga lain Saksi menyelamatkan Sdr. UMI KALSUM.

Api tersebut diduga berasal dari hubungan arus pendek (Korsleiting) instalasi listrik didalam rumah Sdr. KMS IBRAHIM HOLILI. Berdasarkan keterangan saksi KEMAS NANAN APRIANSYAH (41 tahun) yang merupakan anak kandung pemilik rumah menjelaskan bahwasanya beberapa hari ini memang atap yang terbuat dari genting yang berada di bagian tengah rumah ada yg bocor dan belum sempat diganti. Pada hari ini terjadi hujan, sehingga kemungkinan Rembesan air dari genting tsb memicu konsleting dan api langsung menyambar bangunan rumah yang pada bagian lantai atas terbuat dari kayu.

Selanjutnya para Saksi yang mengetahui dan bertetangga dengan pemilik rumah tibanya tim dari Polres Kota Lubuklinggau dan dinas pemadam kebakaran berusaha bersama-sama memadamkan api dengan alat yang seadanya.

Dalam kejadian kebakaran tersebut tidak ada korban jiwa. Korban hanya mengalami kerugian materil yang diperkirakan sekitar Rp. 600.000.000,- (enam ratus juta rupiah).

Kapolres Lubuklinggau AKBP.INDRA ARYA YUDHA.DIK.MH yang diwakili oleh Kasat Reskrim AKP ROBI SUGARA SH MH menyampaikan bahwa pihaknya masih dalam proses penyelidikan dan penyidikan peristiwa kebakaran tersebut.

” Alhamdulillah kita telah berhasil mengatasi dan mengamankan peristiwa kebakaran tersebut dan saat ini kami masih dalam proses penyelidikan dan penyidikan Atas kejadian tersebut. Dan dapat kami beritahukan bahwa tidak ada korban hanya pemilik rumah mengalami kerugian 600 juta” demikian Ujar AKP. ROBI SUGARA (*)

REPORTER : JAGAD
EDITOR : JAGAD

Array
Related posts