Tips singkat untuk terhindar dari copet, jambret, dan gendam

1. **Jaga barang-barang Anda dengan baik**: Pastikan barang berharga seperti dompet, ponsel, dan perhiasan Anda disimpan dengan aman. Gunakan tas yang memiliki resleting atau lapisan tambahan untuk mencegah pencurian.

 

2. **Hindari tempat-tempat ramai**: Tempat-tempat ramai seperti pasar atau stasiun kereta api sering menjadi sasaran empuk untuk pencopetan. Cobalah untuk menghindari kerumunan dan tetap di area yang lebih tenang jika memungkinkan.

 

3. **Gunakan tas yang sulit dijangkau**: Pilih tas yang memiliki tali silang atau bisa dipasang di depan badan Anda. Hal ini membuatnya lebih sulit bagi pencopet untuk mencuri barang Anda tanpa sepengetahuan Anda.

 

4. **Tetap waspada terhadap lingkungan sekitar**: Perhatikan gerak-gerik orang di sekitar Anda dan waspadai tanda-tanda yang mencurigakan seperti orang yang terlalu dekat atau mengikuti Anda tanpa alasan yang jelas.

 

5. **Gunakan transportasi yang aman**: Pilih transportasi yang resmi dan terpercaya, seperti taksi yang memiliki nomor pendaftaran atau kendaraan umum yang dioperasikan oleh perusahaan resmi.

 

6. **Jangan tunjukkan kekayaan berlebihan**: Hindari menarik perhatian dengan menampilkan perhiasan atau uang tunai secara berlebihan di tempat umum. Hal ini bisa membuat Anda menjadi target empuk untuk pencopet.

 

7. **Pantau gerak-gerik yang mencurigakan**: Jika Anda melihat seseorang yang mencurigakan atau bertindak dengan cara yang mencurigakan, segera laporkan ke petugas keamanan atau polisi setempat.

 

Dengan mengikuti tips-tips ini, diharapkan Anda dapat mengurangi risiko menjadi korban copet, jambret, atau gendam saat beraktivitas di bulan Ramadan.***

 

Sumber : FB sat Reskrim polres llg

E.ditor : Jagad 

 

Array
Related posts