Polsek Bayung Lencir ” Garuk ” Pencuri Besi PT. Sira Surya

MUBA, BS – Unit Reskrim Polsek Bayung Lencir Polres Musi Banyuasin berhasil meringkus 2 orang pelaku pencurian besi di PT Sira Surya.

 

Pelaku berinisial B (39) dan S (28), keduanya pengangguran yang merupakan warga Desa Kaliberau Kecamatan Bayung Lencir Kabupaten Musi Banyuasin Sumatera Selatan (Sumsel).

 

PS Kapolsek Bayung Lencir Iptu Eko Purnomo SH MH mengatakan, kedua pelaku di tangkap tanpa perlawanan, saat kedua pelaku berada di kediamannya masing-masing.

 

“Sebelumnya, kedua pelaku sempat menghilang setelah menjalankan aksinya pada hari Sabtu (20/4/25) yang lalu,” ujar Eko kepada Saat di wawancara i Tim Media BumiSilampari.com saat di hubungi melalui pesan singkat WhatsApp, Minggu (19/5/24).

 

Menurut Iptu Eko, kronologi kejadian bermula ketika korban Septhian Wisnu (sopir) sedang memarkir kendaraan Truck Trailer Mercy No. pol Η 1530 FA yang sedang mogak di pinggir jalan Lintas Palembang – Jambi Desa Kaliberau Kecamatan Bayung Lencir Kabupaten Muba pada Sabtu (20/4) yang lalu.

 

“Kemudian datanglah tiga orang pelaku,dan mengambil barang berupa 3 buah terpal, Besi ajuk sebanyak 11 buah, besi tatakan koil 9 pasang, rantai besi sebanyak 13 buah, besi trek sebanyak 6 buah, 1 buah kunci kontak duplikat kendaraan Truck Trailer Mercy No pol H 1530 FA,” bebernya.

 

“Total kerugian yang dialami korban akibat kejadian tersebut, diperkirakan sebesar Rp. 11.000.000 (sebelas juta rupiah) dan kemudian korban melapor kejadian tersebut ke Polsek Bayung Lencir,” jelas Iptu Eko.

 

PS Kapolsek Bayung Lencir juga menambahkan, saat ini 2 pelaku sudah kita tangkap, akan tetapi masih ada 1 pelaku lagi berinisial R (DPO) yang masih dalam pengejaran.

 

“Kedua pelaku dan barang bukti berupa 11 batang besi ajuk, 9 pasang batang besi tatakan koil, 7 rangkai rantai besi dan 6 batang besi trek, telah kita amankan di Polsek Bayung Lencir,” ujarnya.

 

“Kami telah melakukan pendekatan secara persuasif kepada keluarga R, dan menghimbau untuk segera menyerahkan diri ke Polsek Bayung Lencir, atau akan kita tindak tegas,” terang Iptu Eko dengan nada tegas.

 

Iptu Eko Purnomo menambahkan, dari keterangan kedua pelaku, mereka nekat melakukan pencurian besi PT Siba Surya karena kecanduan narkoba.

 

“Pelaku ini pengangguran, dan juga pecandu narkoba, makanya mereka nekat melakukan pencurian karna mau beli Narkoba,” tutup Iptu Eko.**(JD)

Array
Related posts