Rebut Piala Kejurnas HIMSSI GP Ke-3, Ratusan Pendekar dari Tiga Provinsi Berkumpul di Tungkal Jaya Muba

MUBA, BS-Sebanyak 750 peserta dari tiga Provinsi, yakni DKI Jakarta, Sumatera Selatan, dan Jambi, bergabung dalam Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Pencak Silat HIMSSI (Himpunan Seni Silat Indonesia) GP Ke-3 Open Tahun 2024, yang pusatnya berada di Bumi Perkemahan Pandu Kinasih, Desa Sumber Harum, Kecamatan Tungkal Jaya, Kabupaten Muba, pada tanggal 6-8 Januari 2024.

Pembukaan yang meriah tersebut secara resmi dibuka oleh Pj Bupati Apriyadi Mahmud melalui perwakilan Camat Tungkal Jaya, Yudi Suhendra SE, MSi.

Ketua Pelaksana, Sarsito MPd, menyampaikan bahwa kejuaraan ini diikuti oleh Pengurus Cabang HIMSSI dari tiga Provinsi.

“Diantaranya Sumatera Selatan, Jambi, dan DKI Jakarta, dengan total peserta sebanyak 750 orang yang ambil bagian,” jelasnya.

Camat Tungkal Jaya, Yudi Suhendra, menjelaskan bahwa Pencak Silat adalah salah satu olahraga tradisional yang mendunia. Bela diri khas Indonesia ini sudah dikenal sejak Abad ke-7.

“Kita semua patut berbangga bahwa kini pencak silat, yang merupakan olahraga tradisional asli rakyat Indonesia, sudah diakui dan ditetapkan oleh UNESCO sebagai Warisan Budaya Tak Benda pada 2019.

“Maka kepada para peserta yang hadir, mari jadikan ajang kejuaraan ini selain sebagai silaturahmi dan sarana mengukir prestasi, juga sebagai salah satu upaya kita meneruskan dan melestarikan seni budaya dan sejarah bangsa Indonesia,” ungkap Yudi.

“Bapak Pj Bupati Apriyadi juga menitipkan pesan kepada seluruh peserta agar terus menjunjung tinggi sportivitas dan semangat juara dalam bertanding, karena yakinlah bahwa atlet-atlet pencak silat terbaik adalah mereka yang lahir dari kompetisi dan kejuaraan,” tambah Yudi. ***(J4D)

Array
Related posts