Rapat Koordinasi Pemerintahan Desa Tingkat Kecamatan Selangit

Musi Rawas,BS – Camat Selangit Misbahuddin Lubis memimpin Rapat Koordinasi Pemerintahan Desa yang diikuti oleh Seluruh Kapala Desa dan Lurah dalam Wilayah Kecamatan Selangit. Kamis(20/6/24)

 

Rakor ini bertujuan untuk menyampaikan program-program Bupati Musi Rawas yaitu Sembilan Program Unggulan Bupati dan Wakil Bupati Musi Rawas, Program Kecamatan Selangit dan Program Desa dalam Wilayah Kecamatan Selangit. 

 

Untuk Program Kecamatan Selangit pertama Bidang Pendidikan, membahas kelanjutan Program Pemetaan Anak Putus Sekolah diusia Sekolah. Tahun 2024 Program ini terus dilanjutkan dengan bekerjasama dengan Forkopimcam, para Kepala Sekolah, Kepala Desa/Lurah, Pemerhati Pendidikan dan seluruh warga dalam wilayah Kecamatan Selangit. Sebelumnya Tahun 2023 sudah dimulai dan sudah berjalan Program Pemetaan ini. Sementara ini sudah sekitar 7 (tujuh) anak yang telah melapor dan kami telah berkunjung ke rumah masing-masing siswa, rata-rata yang kita kunjungi adalah memang orang tua/wali tidak mampu melanjutkan anak nya sekolah. Kita terus menerima laporan dan akan kita kunjungi serta didaftarkan ke sekolah terdekat di wilayah Kecamatan Selangit. 

 

Kemudian selain Pemetaan Anak Putus Sekolah, kita juga lagi mempersiapkan program Selangit Mengajar, program ini akan merekrut Relawan Selangit Mengajar, Satu Desa Satu Relawan. Alhamdulillah program ini disambut baik dan akan didampingi langsung oleh Alumni Indonesia Mengajar. 

 

Kemudian Bidang Keagamaan. Untuk Bidang Keagamaan ini, selain Safari Jumat Satu Desa Satu Masjid juga ada Program Pemberantasan Buta Aksara Al-Quran, program ini kita namai *Selangit Mengaji.* Program ini juga sudah berjalan sejak 2023, dan akan terus dilanjutkan Tahun 2024 ini, program ini telah mendata seluruh Guru Ngaji setiap Desa/Kelurahan dalam Wilayah Kecamatan Selangit, mendata seluruh santri/siswa yang tidak mengaji dan/atau belum bisa mengaji. Kita menginginkan anak-anak usia sekolah di Kecamatan Selangit yang buta aksara al-quran menurun. 

 

Tim saat ini terus bekerja, dalam waktu dekat Tim akan menyiapkan Sertifikat bagi Santri-santri yang telah mengkhatamkan Iqra’ atau Khataman Al-Quran. Jika sudah siap, insya Allah akan kita launching program ini di bulan Juli 2024. 

 

Maka dalam Rakor bersama Para Kepala Desa ini, kami mohon bantuan dan kerjasamanya untuk sukses program ini. 

 

Program ini bagi kami penting dan utama, kita menginginkan ke depan Tidak ada lagi anak Usia Sekolah tidak sekolah karena alasan orang Tua tidak mampu, kemudian kita menginginkan Buta Aksara Al-Quran di usia sekolah di Kecamatan Selangit ini terus menurun.,**(JD)

Array
Related posts