Dato’ Muhammad Zaki Bangun Kembali Kerajaan Adat dan Istana Batu Bara

BATUBARA (SUMUT), BS – YTM (Yang Teramat Mulia) Dato’ Paduka Seri Muhammad Zaki, Dato’ kedatukan Tanah Datar melakukan kunjungan ke 9 Kedatukan yang ada di Kabupaten Batu Bara.

Kedatangan Dato’ Muhamad Zaki dari kediaman nya Lot 6872 Jalan Taiping Kampong Panchor 34900 Pantai Remis Semenanjung Perak Malaysia selama 3 hari sejak 30 Mei 2024.” Pungkasnya

Dato’ Muhamad Zaki mengatakan kunjungan nya selama 3 hari untuk menemui Waris-waris Kedatukan yang ada di Kabupaten Batu Bara. Bertujuan merapatkan kembali hubungan silaturrahmi yang telah lama terpisah.

Selain itu tujuan dari pertemuan tersebut untuk membangun Kesultanan adat Batu Bara yang nantinya semua Kedatukan akan melakukan pemilihan dan mengangkat salah seorang dari 9 Kedatukan yang ada.

Pada kesempatan tersebut Dato’ Zaki mengaku dalam kunjungan tersebut dirinya hanya dapat menemui 5 Kedatukan yang kesemuanya telah setuju dan mendukung penuh apa yang jadi pembahasan.

Foto Ilustrasi :

                ISTANA MAIMUN, SUMATERA UTARA.

“Karena semua itu bertujuan untuk melestarikan kebudayaaan Melayu dan keindahan adat adat Melayu yang unik. 9 dari Kedatukan yang ada di Kabupaten Batu Bara saat ini yang sudah sepakat dan melakukan tandatangan sebanyak 6 Kedatukan” ujar Dato’ Zaki.

Dato’ Limalaras, Dato’ Bogak, Dato’ Pagurawan, Dato’ Limapuluh, Dato’ Pesisir, Dato’ Tanah Datar. Dia juga sedang berupaya untuk mendapatkan sebidang tanah untuk membangun Istana Kedatukan Dato’ Tanah Datar.

“Semoga dengan menyatunya 9 Kedatukan yang ada di Kabupaten Batu Bara, diharapkan suku adat Melayu terkhusus Kabupaten Batu Bara bisa lebih erat dari sebelumnya, ” harap Dato’ Muhammad Zaki.

Dirinya juga minta jika semua Kedatukan yang ada sudah bersepakat, akan diadakan pertemuan besar dengan 9 Kedatukan Batu Bara.

Terakhir Dato’ Zaki menegaskan ” apa yang direncanakan dan dicita- citakan mendapat dukungan semua pihak. Termasuk seluruh masyarakat Kabupaten Batu Bara.” Tutupnya (*)

Reportase / Editor : (IST)

Array
Related posts