Peta Harta Karun di Provinsi Sumatera Selatan Terletak di 2 Desa Kecil Akses Jalan Terbatas Lebih Dikenal dengan Sebutan Pondok.

Banyuasin,BS – Diam-diam Sumatera Selatan memiliki dua titik lokasi harta karun yang berlimpah yang terletak di dua desa terpencil.

 

Provinsi Sumatera Selatan ini kaya akan sumber daya alam, seperti minyak bumi, gas alam dan batu bara. Selain itu, ibu kota provinsi Sumatera Selatan, Palembang, telah terkenal sejak dahulu karena menjadi pusat Kedatuan Sriwijaya.

 

Desa pertama yang bernama Tebing Abang, terletak di kecamatan Rantau Bayur Kabupaten Banyuasin Sumatera selatan

 

Desa ini memiliki luas sekitar 4.435,02 hektar dan penduduk sebanyak 3.532 orang, dengan kepadatan penduduk sekitar 0,80 per kilometer persegi.

 

Meskipun memiliki potensi tambang batu bara yang besar, kondisi infrastruktur dan fasilitas publik

 

Sarana pendidikan dan kesehatan seperti sekolah dan rumah sakit masih sulit dijangkau oleh warga setempat. Hanya ada satu puskesmas yang melayani dengan fasilitas tanpa rawat inap.

 

Desa kedua yang bernama Rantau Bayur juga terletak di kecamatan yang sama.

 

Desa ini memiliki populasi sekitar 2.595 jiwa yang mayoritas beragama Islam. Meskipun memiliki sedikit lebih baik dalam hal sarana pendidikan dan keagamaan dibandingkan dengan Tebing Abang.

 

Desa Rantau Bayur juga menghadapi tantangan infrastruktur dan akses layanan publik yang terbatas.

 

Wilayah ini diketahui cukup sulit untuk ditelusuri melalui internet, pasalnya tidak ditemukan catatan resmi mengenai tahun berdirinya.

 

Sejarah desa ini juga menarik, dengan banyak penduduk pendatang pada zaman dulu sehingga desa ini lebih dikenal dengan sebutan Pondok.**(J4D)

Array
Related posts