Sandi Fahlevi Bakal Dilantik Jadi Pj Bupati Muba

Palembang ,BS – Kepala Biro Umum dan Perlengkapan Sekretariat Daerah (Setda) Sumatera Selatan Sandi Fahlevi dipastikan akan dilantik menjadi Penjabat (Pj) Bupati Musi Banyuasin (Muba). Sandi akan menggantikan Pj Bupati Muba Apriyadi Mahmud yang masa jabatannya berakhir akhir Mei 2024.

 

Hal itu disampaikan Kepala Biro Otonomi Daerah (Otda) Sumsel, Sri Sulastri usai rapat persiapan pelantikan Pj Bupati Muba di Ruang Rapat Bina Praja Pemprov Sumsel, Sabtu (20/4/2024).

 

“Iya Pak Sandi yang akan menjadi Pj Bupati Muba. Pelantikan akan dilakukan oleh Pj Gubernur Sumsel Senin (22/4) nanti di Griya Agung pukul 07.30 WIB. Pelantikan Pj Bupati Muba sekaligus untuk Pj Ketua TP PKK Muba,” ujarnya.

 

Dia menyebutkan dalam pelantikan nanti akan dihadiri seluruh jajaran di lingkungan Pemkab Muba, 16 bupati/wali kota termasuk penjabat se-Sumsel, Forkopimda sebagainya.

 

Sri menjelaskan, masa jabatan Pj Bupati Muba seharusnya habis 22 Mei mendatang. Namun, masa tugas itu tidak sampai 1 tahun.

 

“Dalam masa jabatan penjabat, tidak dikatakan selama 1 tahun. Tapi, paling lama 1 tahun. Jadi, jabatan penjabat bisa lepas kapan saja. 1-2 bulan juga bisa. Tidak harus selesai dengan masa tugasnya, sebelum waktunya pun tidak masalah. Pak Apriyadi akan jadi Sekda kembali,” ungkap Sri.

 

Sri pun membantah penggantian Apriyadi tersebut karena ada rencana Pj Bupati Muba tersebut bakal mencalonkan diri di Pilkada Muba nanti. Mengenai hal itu, ia meminta media untuk bertanya langsung ke pihak terkait.

 

“Silakan ke Pak Apriyadi, mungkin ada (rencana mencalonkan diri di Pilkada), tapi silakan tanya langsung untuk konfirmasinya, apakah maju Pilkada atau tidak,” jelasnya.

 

Ia menambahkan, jabatan Pj yang dipegang Sandi nantinya akan sama seperti penjabat yang lain. Namun, untuk sementara ini periodenya hingga ada kepala daerah terpilih di Muba. Termasuk untuk Pj daerah lain yang ada di Sumsel.

 

“Sampai ada kepala daerah terpilih hasil Pilkada 27 November 2024 nanti. Kita belum tahu sampai kapan, tapi pelantikan kepala daerah terpilih dilakukan awal tahun 2025 mendatang jika tak ada gugatan di MK,” jelasnya.

 

Untuk saat ini, dirinya belum mendapat informasi bakal ada penggantian penjabat lain di Sumsel.

 

“Selain di Muba belum ada lagi penggantian penjabat,” pungkasnya.**(JD)

Array
Related posts