KOTA NANAS DIPULAU SUMATERA

Prabumulih, BS – Julukan kota nanas di Indonesia tidak hanya dimiliki Kabupaten Subang, Jawa Barat. Di Sumatera Selatan ada satu daerah yang juga mendapat julukan serupa yakni Kota Prabumulih.

 

Kota Prabumulih terkenal dengan julukan kota nanas disimbolkan dengan tugu nanas raksasa. Lokasinya berada di jalan Jenderal Sudirman, Gunung Ibul, Prabumulih Timur. Tepatnya setelah gerbang masuk Prabumulih dari arah Palembang.

 

Letak dan Informasi Geografis Prabumulih

Kota Prabumulih berjarak 96 kilometer dari Kota Palembang. Jarak tempuhnya sekitar 2 jam perjalanan.

Saat menuju ke Prabumulih dari Palembang,  akan melintasi dua kabupaten, yakni Kabupaten Ogan Ilir dan Kabupaten Muara Enim. Luas Kota Prabumulih adalah 447,31 kilometer persegi pada 2022 lalu.

Dari sisi utara, Kota Prabumulih berbatasan dengan kecamatan Lembak, Tanah Abang dan kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI). Di sebelah timur berbatasan dengan kecamatan Lembak, Gelumbang dan Kabupaten Muara Enim.

 

Kemudian di sebelah selatan berbatasan dengan kecamatan Rembang Lubai dan Kabupaten Muara Enim. Sementara di sebelah barat berbatasan dengan kecamatan Rambang Dangku dan Kabupaten Muara Enim.

 

 

Editor : jagad

 

 Pewarta : BJS

Array
Related posts